Friday, August 7, 2015

JESUS BUKAN TUHAN TAPI SCIENTOLOGY ADALAH AGAMANYA - TOM CRUISE


Apakah Scientologi itu?!

Berdasarkan asal katanya Scientologi bererti 'knowing how to know'.. belajar mengetahui. Kata ini berasal dari bahasa LatinScio yang bererti 'pengetahuan' dan bahasa Yunanilogos yang berarti 'ilmu'. Menurut literatur resmi kelompok mereka Scientologi adalah kepercayaan yang menawarkan jalur yang tepat menuju pemahaman yang lengkap dan beberapa hakikat alami spiritual seseorang juga hubungan seseorang dengan diri, keluarga, kelompok, manusia, semua bentuk kehidupan, materi alam semesta, materi spiritual dan Yang Mahatinggi.

Kepercayaan ini mengklaim dirinya berakar dari seluruh agama besar 'all great religions' dan mecakup warisan kepercayaan beragam manusia sejak 50.000 tahun yang lalu. Kepercayaan ini ditemukan oleh seorang penulis bernama L. Ron Hubbard di New Jersey, AS yang menulis buku berjudul Dianetics pada tahun 1950. Dalam buku tersebut ada sebuah falsafah untuk pertolongan diri-sendiri sejak awal yang disebut dengan istilah Dianetika.

Empat pemerhati dan penggemar buku tersebut yang kemudian digambarkan sebagai Pengacara, Penerbit, Dokter dan Insinyur membentuk Hubbard Dianetics Research Foundation. Cikal bakal Gereja Scientology itu pertama didirikan pada Februari 1954 dan bertambah dengan lusinan gereja-gereja baru pada dekade berikutnya. Meskipun tempat 'ibadah' mereka disebut gereja [church], kepercayaan ini tidak ada kaitannya dengan gereja pada agama Nasrani karena tidak percaya pada Yesus, kebangkitan atau hal apapun yang ada dalam kitab.

Ajaran dasar Scientologi adalah konsep bahawa manusia pada dasarnya 'baik' dan keselamatan rohaninya tergantung pada hubungan dengan dirinya sendiri, teman-temannya dan pencapaiannya bersahabat dengan alam semesta di masa lalu [reinkarnasi]. Hubbard sendiri pernah mengatakan bahawa kepercayaan ini sangat cocok untuk kepribadian para selebriti yang menginginkan kebebasan peribadi dan menciptakan dunia atas kehendak atau persepsinya. Karena kepercayaan ini bisa dimanfaatkan untuk mempengaruhi politik dan gaya hidup.

Dalam prakteknya lembaga ini mengadakan kursus-kursus untuk mencapai cita-cita tersebut. Diantaranya dengan biaya mahal yang mencapai US$1.000 sejam. Setelah itu kepercayaan ini semakin kaya karena semakin banyak penganutnya dan ada kewajiban setor donasi kepada organisasi dalam jumlah besar. Secara umum kepercayaan Scientologi tidak diterima di negara manapun sebagai agama. Akan tetapi kehadirannya dirasakan semakin besar dengan segala kontroversinya. Sebahagian besar pengamat menilai kepercayaan ini bukan sebagai agama, melainkan ajaran sesat dan hanya sebuah perusahaan transnasional yang berkedok agama agar tidak perlu membayar pajak karena bertujuan mencari keuntungan.

The New Yorker pernah memuat beberapa nama selebriti yang menganut kepercayaan ini pada tahun 2008. Di antaranya disebutkan John Travolta, Juliette Lewis, Kirstie Alley, Katherine Bell, Nancy Cartwright, Beck, Jason Lee, Edgar Winter, Tom Cruise, Katie Holmes, Anne Archer, Lisa Marie Presley, dan Julia Migenes. Selain itu Demi Moore, Sharon Stones, Al Jarreau, Chick Corea, Nicole Kidman, Oliver Stone, Rock Hudson dan lainnya.

Itulah ulasan mengenai agama yang dianut Tom Cruise. Semoga artikel ini bermanfaatan dan dan menambah wawasan anda.

#Copy and Paste

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...